20 June 2024
Shin Tae-yong Loloskan Indonesia ke 16 Besar

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin Indonesia Lolos Babak-16 Besar. STY pun menargetkan timnya harus menang atas Vietnam di Piala Asia 2023. Jika bisa STY juga ingin berhasil imbang 1 kali agar mempunyai 4 poin.

Skenario itu menurut Shin Tae-yong bisa membuka peluang Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar. Menurutnya Vietnam adalah lawan yang paling masuk akal untuk dikalahkan.

Sementara itu STY juga berharap satu hasil imbang bisa diraih saat jumpa Irak. Sementara itu, Untuk melawan Jepang, Shin Tae-yong sadar perbedaan kualitas kedua tim begitu jauh sehingga memilih nothing to lose. Bisa jadi Timnas Indonesia bakal lebih menyerang lagi saat melawan Jepang nantinya.

“Vietnam harus kami kalahkan, Irak setidaknya harus kami tahan imbang. Kalau Jepang, jujur, mereka berada di level yang berbeda. Tidak akan mudah, tapi akan mencoba untuk merepotkan mereka,” ujarnya.

“Mungkin akan ada kejutan. Saya berpikir kami bisa meraih satu kemenangan, satu hasil imbang, dan satu kekalahan,” kata Shin Tae-yong, dikutip dari Sports Seoul.

Shin Tae-yong berharap para pemain Indonesia tidak melakukan blunder atau kesalahan lagi di Piala Asia nanti. Blunder sering dilakukan pemain Indonesia dalam lima pertandingan terakhir (2 Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan tiga laga uji coba).

Jika blunder bisa diminimalisir, maka Indonesia masih punya peluang untuk membuat lawan kerepotan. Dengan begitu TimNas Garuda juga bisa mempunyai harapan untuk lolos dari fase grup ke babak 16 besar.

“Saya sering bilang ke pemain, bahwa ‘kalian bisa, percaya diri, dan jangan takut membuat kesalahan’. Sepakbola adalah permainan dengan kaki, sehingga kesalahan adalah sesuatu yang bisa terjadi,” tuturnya.

“Saya pikir kami bisa membuat kejutan jika tidak membuat kesalahan sendiri,” ucap Shin Tae-yong.

Peluang Indonesia Lolos Babak-16 Besar

Jika dilihat dari hasil tiga pertandingan uji coba belakangan ini, rasanya agak sulit buat Indonesia untuk lolos ke babak-16 besar. TimNas Indonesia melakukan pertandingan uji coba 2 kali melawan Libya. Tim Garuda kalah dua kali, 0-4 dan 1-2. Pada pertandingan itu memang Timnas keliatan banyak melakukan kesalahan-kesalahan. Dan saat melawan Iran Indonesia kalah 0-5.

Walaupun dari pertandingan uji coba itu hasilnya tidak bagus. STY berkata Timnas indonesia banyak belajar dari pertandingan itu. Diharapkan semua pengalaman tersebut dijadikan senjata di Piala Asia 2023 ini.

Ayok Timnas Garuda Indonesia. KITA BISA!

Leave a Reply