23 February 2024
RANS NUSANTARA FC DAN RANS Cilegon FC

Sepakbola merupakan salah satu olahraga yang sangat populer di Indonesia. Beberapa tokoh terkenal di tanah air bahkan telah terlibat aktif dalam mendukung perkembangan sepakbola di Indonesia. Salah satunya adalah Raffi Ahmad. Raffi adalah seorang selebritas terkemuka yang mendirikan dua klub sepakbola, yaitu RANS Nusantara FC dan RANS Cilegon FC. Dalam artikel ini, kita akan membandingkan kedua klub tersebut.

Sejarah RANS Nusantara FC

RANS FC baru berdiri pada tahun 2012 dan tidak memiliki banyak sejarah dalam persepakbolaan Indonesia. Sebelumnya RANS FC bernama Cilegon United. Pada awal berdirinya, tim ini sudah berhasil menjuarai Divisi III LI 2012 Zona Banten. RANS FC berhasil promosi ke Divisi Dua Liga Indonesia. Di musim berikutnya, mereka berhasil menjadi juara dan promosi setelah mengalahkan Jember United dengan skor 6–3. Pada Divisi Satu, mereka menjuarai Divisi Satu Liga Indonesia 2014. Untuk pertama kali promosi ke Divisi Utama setelah mengalahkan Persibat Batang pada adu penalti 3–0.

Pada tanggal 31 Maret 2021

Diumumkan untuk diakuisisi oleh RANS Entertainment dan Prestige Motorcars dan berganti nama menjadi “RANS Cilegon FC”. RANS Entertainment adalah perusahaan hiburan milik pasangan selebriti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Sedangkan Prestige Motorcars adalah perusahaan otomotif milik pengusaha Rudy Salim dan juga dealer Super Car dari Jakarta Utara.

Pada tanggal 28 September 2021

RANS FC melakukan debut pertandingan liga pertama mereka dalam kekalahan 3-1 melawan Dewa United. Pertandingan dilaksanakan di Stadion Madya Gelora Bung Karno. seminggu kemudian, mereka memainkan pertandingan kedua dengan kemenangan 2-1 melawan Persekat Tegal. Dan pada 1 Desember 2021. RANS FC menutup pertandingan di babak penyisihan grup Liga 2 2021/22 dengan kemenangan 3-0 melawan PSKC Cimahi. dengan hasil ini, mereka lolos ke babak kedua sebagai runner-up Grup B.

Pada 22 Desember 2021

Mereka lolos ke semi final Liga 2 2021/22 sebagai juara Grup X setelah pertandingan mereka seri 0-0 atas Sriwijaya FC. Hasil memuaskan terjadi pada pertandingan semifinal lima hari kemudian, mereka lolos ke final dan promosi ke Liga 1 Musim Depan setelah menang 3-0 atas PSIM Yogyakarta. namun pada laga final pada 30 Desember 2021, mereka mengalami kekalahan 2-1 dari Persis Solo dan menjadi runner-up Liga 2.

Pada 30 Mei 2022

Pada Kongres Biasa PSSI 2022, klub berubah nama menjadi RANS Nusantara FC. Ini adalah bagian dari keinginan ketua klub Raffi Ahmad agar klubnya didukung oleh penggemar dari seluruh pelosok Indonesia.

1. Lokasi dan Basis Klub

RANS Nusantara FC berbasis di Bogor, Jawa Barat, sementara RANS Cilegon FC berbasis di Cilegon, Banten. Perbedaan ini mencerminkan tujuan Raffi Ahmad untuk mendukung perkembangan sepakbola di berbagai daerah di Indonesia.

2. Divisi dan Kompetisi

Klub ini sekarang berkompetisi di Liga 1 Indonesia. Sebelumnya Klub ini bermain di Liga 3. Liga 3 adalah salah satu divisi dalam sistem sepakbola Indonesia yang menjadi tempat bagi klub-klub yang berusaha naik ke divisi yang lebih tinggi.

3. Tujuan Pendirian

RANS Nusantara FC dan RANS Cilegon FC didirikan oleh Raffi Ahmad sebagai bagian dari upayanya untuk mendukung perkembangan sepakbola di Indonesia. Raffi Ahmad, bersama dengan beberapa investor, berharap bahwa klub-klub ini dapat menjadi wadah bagi pemain muda berbakat dan mendukung pengembangan sepakbola di daerah-daerah yang kurang terkenal dalam dunia sepakbola.

4. Manajemen dan Pemilik

Kedua klub ini memiliki manajemen yang sama, yaitu Raffi Ahmad. Sebagai pemilik dan penggerak utama klub-klub ini, Raffi Ahmad telah terlibat aktif dalam pengembangan dan promosi klub-klub tersebut.

Meskipun RANS Nusantara FC dan RANS Cilegon FC memiliki basis yang berbeda di Jawa Barat dan Banten. Keduanya memiliki tujuan yang serupa, yaitu untuk mendukung perkembangan sepakbola di Indonesia. Melalui partisipasi mereka dalam Liga 3 Indonesia, kedua klub ini berusaha menjadi wadah bagi pemain muda berbakat dan berkontribusi pada pertumbuhan sepakbola di daerah-daerah yang mungkin kurang terkenal dalam dunia sepakbola. Dalam beberapa tahun ke depan, perkembangan dan prestasi dari kedua klub ini akan menjadi indikasi sejauh mana upaya Raffi Ahmad dalam mendukung sepakbola Indonesia berhasil.

Leave a Reply