23 February 2024
Tarian Indonesia pada peluncuran Maskot Piala Asia 2023

Maskot untuk Piala Asia 2023 sudah diluncurkan dengan nama Jerboa. Ada tarian asli Indonesia di Piala Asia 2023. Tarian Lenggang Nyai dari Betawi, menyemarakan launching Maskot Piala Asia tersebut.

Peluncuran Jerboa ini sudah dilakukan pada 1 Desember 2023. Bertempat di Musheireb Downtown, Doha, Qatar, rangkaian acara digelar di peluncuran maskot tersebut.

Jerboa merupakan keluarga dari lima hewan pengerat gurun. Zkriti dan Traeneh, merupakan orang tuanya, Sementara Saboog, Tmbki, dan Freha adalah nama anak-anaknya.

Tarian Lenggang Nyai menjadi salah satu hiburan yang ditampilkan dalam peluncuran maskot Piala Asia 2023. Kelompok tari Indonesia di Qatar, Puspa Qinarya, yang menampilkan tarian itu.

Maskot Piala Asia 2023

“Ini adalah kebanggaan bagi kami, karena tidak semua kelompok tari di Qatar mendapatkan kesempatan ini. Bahkan tidak semua kontestan Piala Asia mendapat peluang ini. Pihak penyelenggara melakukan kurasi dengan ketat.” kata Margie Azis, Ketua Sanggar Puspa Qinarya.

Puspa Qinarya adalah salah satu kelompok tari yang telah banyak terlibat dalam menampilkan tarian Indonesia di Qatar. Kelompok ini misalnya tampil dalam ajang Flag Plaza Festival, yang merupakan festival dalam rangka menyambut Piala Dunia tahun lalu. Tidak heran jika kelompok Tarian Indonesia ini ada di pembukaan Piala Asia 2023.

“Kami akan memanfaatkan setiap jengkal pagelaran Piala Asia untuk melakukan promosi Indonesia di Qatar”, ungkap Duta Besar RI di Qatar, Ridwan Hassan. Indonesia telah menyiapkan serangkaian kegiatan promosi dalam rangka menyambut pesta sepakbola terakbar se-Asia tersebut seperti pagelaran tari dan mini turnamen olahraga.

Piala Asia 2023 akan berlangsung pada tahun depan, dari 12 Januari sampai dengan 10 Februari 2023. Indonesia ada di Grup D, bersama Jepang, Irak dan Vietnam. Pada pertandingan pertama, Indonesia melawan Irak di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, pada 15 Januari 2024.

Indonesia di Piala Asia 2023.

Melihat Grup yang dihuni Indonesia kelihatan begitu berat, ada Irak dan Jepang di grup tersebut. Akankah Indonesia lolos dari penyisihan grup mematikan ini?.

Indonesia sudah banyak melakukan naturalisasi pemain. Upaya Naturalisasi ini dilakukan untuk mendongkrak Indonesia agar bisa lolos di Piala Dunia 2026. Walaupun begitu, tetap saja diharapkan Indonesia bisa melaju hingga final di Piala Asia 2023 ini.

Mari kita doankan yang terbaik untuk Timnas Indonesia kita.

Leave a Reply